Kamis, 11 Juni 2009

RPP PAI


Nama : Sholihatin
NIM : D06207038
Jurusan : PGMI
Semester : 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran : Aqidah Akhlaq
Satuan pendidikan : Madarasah Ibtidaiyah
Kelas : II
Semester : II
Alokasi Waktu : 2 X 35 Menit

A. Standard Kompetensi
Adab belajar dan bermain
B. Kompetensi Dasar
Membiasakan beradap secara Islami ketika bermain dan belajar

C. Indikator Pembelajaran
1. Menghafal Do’a belajar
2. Menentukan pengertian adab belajar dan bermain yang baik
3. Memberi contoh membagi waktu belajar dan bermain yang baik
4. Menentukan sikap dan tata cara belajar yang baik ketika dirumah dan di madrasah.
5. Menunjukkan manfaat menerapkan adab belajar dan bermain yang baik yang baik dan tidak baik.
6. Menyadari pentingnya menerapkan belajar dan mengatur waktu yang baik
7. Memiliki sikap dan tata cara belajar yang baik ketika dirumah dan di madrasah.
8. Membiasakan diri untuk menerapkan adab belajar dan bermain yang baik.

D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mendiskripsikan pengertian adab
2. Siswa dapat menyebutkan macam-macam adab (belajar dan bermain)
3. Siswa dapat mendiskripsikan pengertian dar macam-macam adab (belajar dan bermain)

E. Materi Ajar
“Adab belajar dan bermain”
1. Adab belajar
2. Adab bermain
F. Kegiatan Pembelajaran

Waktu Langkah-Langkah Pembelajaran Metode Sumber dan Bahan/Alat


5






10






5 1. KEGIATAN AWAL

Guru melakaukan curah pendapat kepada siswa tentang perlunya mempelajari mengetahui dan memahami tentang materi ajar “adab belajar dan bermain”


Guru menyampaikan tentang apasaja tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa di dalam materi ajar “adab belajar dan bermain”



Guru melakukan tanya jawab kepada siswa tentang materi ajar “adab belajar dan bermain”


Curah pendapat




Ceramah






Tanya jawab

Buku paket Aqidah Akhlaq kelas II semester II


Buku paket Aqidah Akhlaq kelas II semester II dan pengalaman Guru

Buku paket Aqidah Akhlaq kelas II semester II



15






10





5 2. KEGIATAN INTI

Guru menjelaskan materi ajar “adab belajar dan bermain” kepada siswa ddengan mengunakan media pembelajaran berupa gambar



Guru menunjukkan macam-macam adab (belajar dan bermain) dengan baik


Guru menunjukkan manfaat menerapkan adab belajar dan bermain yang baik dan tidak baik

Ceramah






Presentasi





Ceramah
Buku paket Aqidah Akhlaq kelas II semester II, pengalaman guru dan media gambar

Buku paket Aqidah Akhlaq kelas II semester II

Buku paket Aqidah Akhlaq kelas II semester II dan pengalaman guru


5




5




5 3. KEGIATAN AKHIR

Siswa menarik kesimpulan dari pembelajaran yang sudah dilakukan siswa tentang materi ajar “adab belajar dan bermain”

Siswa menyampaikan refleksi dari hasil pembelajaran yang sudah dilakukan siswa tentang materi ajar “adab belajar dan bermain”

Guru memberikan motivasi psikologis tentang pentingnya mengetahui mempelajari dan memahami tentang materi ajar “adab belajar dan bermain” dalam kehidupan sehari-hari

Presentasi





Presentasi





Presentasi



Buku paket Aqidah Akhlaq kelas II semester II


Buku paket Aqidah Akhlaq kelas II semester II



5 4. KEGIATAN TINDAK LANJUT

Guru memberikan tugas pekerjaan rumah mengerjakan lembar kerja siswa tentang materi ajar “adab belajar dan bermain”


Penugasan

Lembar kerja siswa akhidah akhlaq kelas II semester II


I. PENILAIAN

Penilaian tes performance
Tes perfomence di peroleh dari kegiatan siswa yang di lakukan utuk mempelajari materi adab belajar dan bermain yang dilakukan sehari-hari.
]
No Nama Aspek Penilaian
Siswa Kemampuan berkerja sama Kemampuan pemahaman Sikap dan prilaku Kemampuan berbicara Jumlah ket

Keterangan :
Sangat baik : 9 – 10
Baik : 7 – 8
Cukup : 6
Kurang : 4 – 5 kebawah


II. PENILAINAN TES TULIS

Jenis penilaian Jumlah soal Nilai soal Jumlah nilai
Pilihan Ganda Esay 10
5 5
10 50
50
Total nilai 100


III. Pilihan Ganda

1. Cici purnama sari makan malam setelah………
a. Belajar
b. Shalat isya
c. Mengaji
2. Setelah makan malam Indah ……….
a. Tidur
b. Belajar
c. Melihat TV
3. Indri selalu mengawali belajarnya dengan ……
a. Hamdalah
b. Shalawat
c. Basmalah
4. Urief selalu mengerjakan PR …….
a. Dibantu kakak
b. Sendiri
c. Dibantu ayah
5. Bila mengalami kesulitan mengerjakan PR Novi ……..
a. Meminta bantuan adik
b. Tidak mengerjakan
c. Meminta bantun kakak
6. Nena membaca pelajaran dengan suara ………
a. Sedang
b. Pelan sekali
c. Keras
7. Murid kelas 2 selalu mengahiri pelajaran dengan membaca surat…..
a. An nas
b. Al ashr
c. An nashr
8. Rina menghormati Ela karena Ela ……….
a. Memarahinya
b. Berbuat curang
c. Menyayanginya
9. Apabila ingin meminjam alat permainan Solihan, Cici
a. Selalu minta ijin
b. Merebut
c. Selalu mengambil
10. Cici melaksanakan shalat Isya’ pada pukul
a. Jam 19.00
b. Jam 08.00
c. Jam 15.00

IV. Esai

1. Shalat ……. dikerjakan Vika ketika pukul tujuh malam
2. Bila kesulitan mengerjakan PR Vika bertanya kepada ……..
3. Setiap belajar hendaknya dimulai dengan ……
4. Vika mendengarkan keterangan guru dengan ………
5. Bila ingin menggunakan alat permainan milik adik, Vika selalu……



Mengetahui



Guru Kelas Kepala Sekolah



Sholihatin, S.Pd.I Arif Mansyuri M.Fil
D06207038

Tidak ada komentar:

Posting Komentar